Selasa, 5 Juli 2022

Tak Perlu Waktu Lama, Simak 3 Tips Mencairkan Daging Beku

Sebagai sumber protein hewani, daging termasuk bahan makanan yang baik untuk tubuh. Tak heran, banyak orang menyimpan daging beku di kulkas agar punya cukup stok untuk memenuhi asupan protein harian.

Daging biasanya diletakkan di freezer agar dapat  disimpan dalam waktu lama. Sayangnya saat ingin memasak, mencairkan daging yang sudah beku sering kali membutuhkan waktu cukup lama.

Cara yang biasa dilakukan untuk mencairkan daging sebelum dimasak adalah memindahkan daging dari freezer ke chiller. Meski paling mudah dan aman, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berikut ini tiga cara mudah mencairkan daging yang beku:

1. Cairkan dengan air dingin

Caranya mudah. Masukkan daging ke plastik yang bisa ditutup rapat, kemudian rendam plastik yang telah ditutup ke air dingin.

Setiap 30 menit sekali, ganti air dengan yang baru agar air tetap dingin. Lakukan hingga daging mencair.
Khusus cara ini, daging harus segera dimasak setelah esnya mencair, ya.

2. Cairkan dengan microwave

Meski beresiko menyebabkan daging matang sebagian atau membuatnya jadi lebih keras, kamu bisa mencoba cara ini. Letakkan daging di wadah, masukkan ke dalam microwave dan tekan tombol defrost.

Kamu bisa cek setiap satu menit atau lebih dengan cara menekan pause. Sentuh dagingnya. Apabila terasa hangat, diamkan dulu sebentar, kemudian lanjutkan proses pencairannya lagi. Tunggu hingga daging benar-benar tidak beku.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …