Selasa, 5 Juli 2022

Sembuh Dari Kanker Otak Stadium 4, Ibu Ini Bagikan Resep Herbal Yang Ampuh Atasi Kanker

Sri Mariyaningsih seperti merasakan kehidupannya yang kedua. Ya, itu setelah dia selamat dari keganasan kanker otak. Dia selamat lantaran obat herbal.

Pasca sembuh, dia mengembangkan sendiri obat herbal dan sudah memberdayakan ratusan orang. Seperti apa cerita hidupnya yang humanis itu?

Dari luar, rumah Sri Mariyaningsih di Puri Cempaka Putih 2 aR/14 Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang, kemarin (12/5) terlihat sepi. Piala dan sertifikat tampak berderet-deret di dua etalase yang tingginya sebahu orang dewasa. Etalase itu berada di teras rumah. Persis di depannya, ada tanaman toga yang rimbun.

Tanaman toga itu merupakan bahan baku utama jamu kemuning kreasi Sri Mariyaningsih. Nama kemuning diambil dari nama Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Kemuning, posdaya yang dibentuknya sejak 1997.

“Saya tadi lagi ada acara UKM di Rampal,” kata perempuan yang akrab disapa Bu Rofiq itu di kantor Jawa Pos Radar Malang menjelaskan kenapa rumahnya kemarin begitu sepi.

Hampir satu jam lebih dia dengan gayeng menceritakan lika-liku perjalanannya mendirikan posdaya, serta pengalamannya mengembangkan jamu herbal. Untuk diketahui, posdaya merupakan forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan, dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu.

“Tahun 1997, di sana (Bumiayu, Red) masih sepi. Saya coba ajak ibu-ibu untuk berkegiatan bareng,” kata ibu satu anak itu.

Bu Rofiq tergerak untuk mengajak ibu-ibu karena sakit yang dideritanya. Dia ingin warga turut aktif dalam kesehatan masyarakat. Lantaran, ketika itu dia masih mengidap kanker otak pasca melahirkan.

“Tahun 1994 itu saya stadium 4 kanker otak. Saya tidak bisa melihat,” ujar istri dari abdul Rofiq ini.

Kala itu, sejumlah pengobatan dokter sudah dia lakukan. Sampai-sampai Bu Rofiq hampir kehabisan biaya. Bahkan, dia harus menjual rumah dan mobilnya untuk keperluan pengobatannya di Jakarta.

Lalu, Bu Rofiq baru merasakan kesehatannya mulai membaik setelah meminum jamu herbal dari resep seorang profesor kedokteran di Jakarta bernama Prof H M. Hembing Wijayakusuma (alm). Selama ini, Prof Hembing dikenal sebagai pakar di bidang herbal.

“Saya dikasih tiga lembar daun kompri. Sejak itu kemudian saya berangsur merasa nyaman,” kata perempuan kelahiran Blitar itu.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …