Selasa, 5 Juli 2022

Meski Istri Harus Patuh, Tapi Suami Tidak Boleh Memaksa Istri Untuk Tinggal Bersama Keluarganya

Pesanibu.info – Kerap kita jumpai dikarenakan istri wajib patuh, banyak suami memforsir istri untuk tinggal bareng dengan orangtua suami, terlebih lagi setelah itu banyak istri yang merasa tidak nyaman dan juga tertekan.

Semenjak diucapkannya ijab kabul, tanggung jawab seseorang istri bergeser dari orang tua ataupun wali kepada suami. Seluruh perintah suami sejauh tidak untuk bermaksiat kepada Allah SWT maka harus dipatuhi. Salah satunya bila suami menginginkan si istri tinggal berbarengan dengan mertuanya.

Tetapi, posisi dilema juga kerap terjadi manakala si istri menolak untuk tinggal serumah dengan mertua.

Kemudian bolehkah istri menolak tinggal serumah dengan mertua?

Tidak boleh memaksa istri tinggal bersama mertua apabila istri tidak mau. Ada sebuah fatwa dari syaikh Shalih Al-Fauzan yang tertuang dalam kitab Al-Muntaqa min Fatawa Al-Fauzan, beliau berkata:

Selama istri Anda tidak ingin tinggal di rumah orang tua Anda, maka Anda tidak bisa memaksanya. Sebisa mungkin Anda yakinkan orang tua Anda mengenai masalah tersebut dan tempatkan istri di rumah tersendiri, dengan tetap menghubungi orang tua, berbakti kepadanya, membuatnya ridha, dan berbuat baik kepadanya semampu Anda.”

Islam adalah agama yang sempurna dan sangat memahami psikologi hal ini. Istri dan mertua perempuan adalah wanita, yang mana sifat dasar wanita adalah mendahulukan perasaan. Bisa saja terjadi ketidakcocokan dan perbedaan pemikiran mulai dari urusan dapur, pengaturan rumah bahkan kebijakan dalam rumah tangga. Bisa jadi istri sekedar salah menaruh letak piring di rak dapur, ini menjadi masalah besar dan berkelanjutan. Oleh karena itu hak istri yang sangat dasar adalah mendapat tempat tinggal, seperti rumah sendiri meskipun kecil dan ngontrak.

Bagaimana jika istri tidak mau serumah dengan mertua? Apa solusinya? ada beberapa:

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …