Jumat, 1 Juli 2022

Kapan Hari Pertama Menstruasi Setelah Kuret?

Para wanita yang telah mengalami keguguran biasanya akan menerima tindakan kuret. Hal yang paling ditunggu dan cukup membuat gelisah adalah tentang  kapan menstruasi setelah kuret. Pasalnya, datang bulan pasca kuret menandakan tubuh kembali normal.

Selain itu, normalnya siklus menstruasi setelah kuret menjadi indikator bahwa semua jaringan pasca keguguran telah bersih. Oleh karena itu, yuk cari tahu jawaban mengenai kapan menstruasi setelah kuret dan tips agar cepat menstruasi setelah kuret.

Apa itu kuret?

Kuret atau dalam istilah Internationalnya D&C (Dilation and Curretage) adalah tindakan medis yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kandungan untuk membersihkan jaringan yang ada di dalam rahim setelah keguguran.

Tindakan kuret perlu dilakukan agar rahim kembali bersih dari jaringan-jaringan mati. Di samping itu, pembersihan jaringan pasca keguguran juga bertujuan agar rahim tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker rahim.

Sebenarnya, tindakan kuret tidak hanya dilakukan pada perempuan yang mengalami keguguran. Kuret juga kerap dilakukan pada pasien yang mengalami pendarahan tidak normal di dalam rahim atau pasien yang mengalami pengangkatan polip rahim.

Pendarahan setelah kuret

Setelah menerima tindakan kuret, maka tubuh akan mengalami proses pemulihan. Tubuh Anda akan mengeluarkan sisa jaringan yang ada di dalam rahim setelah keguguran secara alami, yakni melalui pendarahan ringan hingga sedang.

Biasanya, pendarahan setelah kuret berlangsung sekitar 10 hari. Jika pendarahan vagina berlangsung lebih dari waktu tersebut bahkan hingga 20 hari atau lebih, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter perihal adanya kemungkinan gangguan di dalam rahim pasca kuret.

Penyesuaian tubuh pasca kuret

Selama pendarahan dan setelah jaringan-jaringan yang ada di rahim tersebut bersih, selanjutnya tubuh perlu menyesuaikan hormon tubuh. Tubuh akan mengalami penurunan kadar hormon hCG (Hormon Chrorionic Gonadotropin) hingga mencapai titik nol.

Kadar hormon hCG yang kembali nol adalah syarat siklus menstruasi setelah kuret kembali normal. Apabila hormon hCG Anda belum mencapai titik nol, maka Anda masih belum bisa mengalami datang bulan.

Kapan menstruasi setelah kuret?

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …