Jumat, 1 Juli 2022

Ikan Salmon Bisa Turunkan Tekanan Darah?

alah satu masalah kesehatan yang patut untuk diwaspadai siapa saja adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Masalahnya adalah penyakit ini cenderung tidak menunjukkan gejala yang jelas hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam hal memilih makanan-makanan yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

Manfaat makan ikan salmon bagi tekanan darah

Banyak orang yang berpikir jika makanan sehat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah adalah yang terbuat dari bahan nabati layaknya sayur atau buah-buahan. Memang, hal ini benar adanya. Kandungan serat yang tinggi di dalam sayur, buah-buahan, atau bahkan biji-bijian layaknya gandum bisa membantu menyehatkan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah. Hanya saja, ternyata ada makanan dari bahan hewani yang juga bisa memberikan manfaat yang sama. Makanan tersebut adalah ikan salmon.

American Heart Association menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi daging ikan laut yang kaya akan asam lemak omega 3 jika ingin memperkuat jantung dan pembuluh darah. Jika kita mengonsumsi dua kali saja dalam sepekan, maka risiko terkena peradangan dan tekanan darah tinggi bisa ditekan dengan signifikan. Bahkan, kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan laut seperti salmon juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Ikan salmon juga terbukti memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu penyerapan kalsium yang berimbas pada kesehatan tulang dan gigi yang semakin baik dan mencegah datangnya masalah psikologis seperti depresi.

Hanya saja, kita juga harus cermat dalam mengolah ikan salmon jika ingin mendapatkan manfaat kesehatannya. Sebaiknya kita tidak menggorengnya, apalagi menambahkan tepung karena justru bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Makanan lain yang bisa membantu menurunkan tekanan darah

Selain ikan salmon, pakar kesehatan menyebut ada beberapa makanan lezat lain yang ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, lho.

Berikut adalah makanan-makanan lezat tersebut.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …