Selasa, 29 November 2022

9 Penyebab Sering Merasa Haus yang Patut Anda Waspadai!

Minum air putih sebaiknya dilakukan tanpa harus menunggu haus terlebih dahulu lho, karena haus adalah sinyal dari otak bahwa tubuh sudah mengalami kekurangan cairan. Maka dari itu kita dianjurkan sering minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah haus. Namun, jika sudah sering minum namun tetap merasa sering haus, maka kita perlu mewaspadai beberapa hal di bawah ini.

Penyebab Sering Haus dan Tenggorokan Kering

Merasa haus setelah makan makanan pedas atau melakukan olahraga berat, terutama ketika sedang panas adalah normal. Namun, terkadang rasa haus lebih kuat dari biasanya dan berlanjut bahkan setelah Anda minum. Anda bahkan mungkin mengalami penglihatan kabur dan kelelahan. Ini adalah gejala sering merasa haus berlebihan, yang dapat menandakan kondisi medis serius yang mendasarinya.

1. Anemia

Sel darah merah yang rendah akan menyebabkan munculnya beberapa kondisi umum misalnya pusing, lelah, lemas atau berkeringat. Hal inilah yang menyebabkan tubuh sering merasa haus. Menangani anemia, dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi atau pengobatan medis tertentu sangat baik bagi tubuh karena rasa haus juga akan dapat teratasi.

2. Mulut kering

Bibir atau kondisi mulut yang kering akibat penyakit di rongga mulut bisa menyebabkan Anda merasa sering haus. Hal ini dipengaruhi produksi kelenjar air liur yang terganggu sehingga air liur tidak bisa diproduksi dengan cukup untuk menghidrasi mulut.

3. Dehidrasi

Dehidrasi menjadi penyebab sering haus. Tingginya tingkat aktivitas fisik atau adanya kondisi penyakit seperti diare, mual muntah atau penyakit yang menyebabkan tubuh berkeringat hebat akan menyebabkan kita cepat merasa sering haus.

4. Diabetes

Sering haus merupakan gejala terjadinya diabetes yang disebut polydipsia. Hal ini disebabkan tubuh tidak memiliki hormon insulin yang cukup sehingga kadar gula tubuh meningkat dan menyebabkan rasa haus berlebihan.

5. Diabetes insipidus

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …