Kamis, 11 Agustus 2022

9 Manfaat Bicara Pada Diri Sendiri Untuk Pemulihan Luka Batin dan Kesehatan Mental

7. Meluapkan Emosi

Banyak sekali hal di kehidupan sehari-hari yang membuat kita emosi, dari hal-hal kecil seperti terjebak macet atau komputer di kantor tiba-tiba mati padahal pekerjaan belum selesai, hingga masalah-masalah yang menyangkut pribadi, misalnya dengan keluarga atau pasangan.

Jika sudah begitu, maka meluapkan emosi adalah cara untuk Anda agar bisa kembali tenang, dan hal ini merupakan suatu kewajaran. Entah itu mengumpat atau bahkan berteriak, aktivitas bicara pada diri sendiri ini lantas menghasilkan manfaat bicara pada diri sendiri, yaitu seperti yang tadi disebutkan, menenangkan diri.

8. Menimbulkan Perasaan Bahagia

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California mengatakan jika manfaat bicara pada diri sendiri bisa menimbulkan perasaan senang atau bahagia pada pelakunya.

Saat seseorang berdialog dengan dirinya sendiri, dan mengucapkan kata-kata positif seperti “Saya bisa” atau “Ini semua pasti bisa diselesaikan”, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan endorfin yang selanjutnya membuat kita jadi merasa senang dan bersemangat.

9. Menjaga Kesehatan Fisik

Menariknya, bicara pada diri sendiri juga punya manfaat tidak langsung bagi kesehatan fisik Anda, lho.

Dari manfaat-manfaat yang telah dipaparkan, secara garis besar bicara pada diri sendiri membuat Anda menjadi lebih sehat secara mental. Anda tidak mudah stres, memiliki daya ingat yang baik, dan selalu bersemangat.

Nah, pernah mendengar ungkapan ‘Di balik tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat’, bukan? Maka inilah yang menjadi manfaat tidak langsung dari bicara pada diri sendiri terhadap kesehatan fisik Anda yang dimaksud.

Bicara Sendiri Tidak Selalu ‘Gila’

Melihat orang lain (atau mungkin Anda) bicara pada diri sendiri acap kali menimbulkan persepsi aneh bahwa aktivitas tersebut menunjukan adanya gangguan mental, atau disebut ‘gila’. Jika bicara pada diri sendiri dilakukan dalam kondisi depresi, mungkin saja klaim tersebut benar. Namun, berbicara sendiri untuk tujuan latihan public speaking dan sebagainya tidak bisa dikatakan demikian.

Alih-alih Anda ‘gila’, bicara dengan diri sendiri ketika hendak presentasi atau sedang dalam kondisi cemas adalah contoh bahwa Anda orang yang “well-prepared” terhadap segala sesuatunya, dan ini justru akan membawa dampak positif.

Bagaimana, ternyata manfaat bicara pada diri sendiri itu sangat besar, ya. Kini, tak usah ragu lagi untuk berdialog dengan diri sendiri, ya. Semoga bermanfaat!

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …