Jumat, 1 Juli 2022

9 Manfaat Bicara Pada Diri Sendiri Untuk Pemulihan Luka Batin dan Kesehatan Mental

Bicara dengan diri sendiri, apakah Anda sering melakukan hal ini? Jika ya, maka Anda patut bersenang hati karena menurut sejumlah penelitian, berbicara secara monolog justru memberikan sejumlah manfaat terkait kesehatan psikologis. Kok bisa? Lantas, apa saja manfaat bicara pada diri sendiri bagi kesehatan mental?

Manfaat Bicara pada Diri Sendiri bagi Kesehatan Mental

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwasanya aktivitas bicara pada diri sendiri memberikan manfaat secara psikologis bagi tubuh. Berikut ini adalah manfaat bicara pada diri sendiri yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Rasa Cemas

Rasa cemas kerap menghampiri kita di berbagai situasi tertentu, misalnya saat hendak melakukan presentasi di depan klien, atau bertemu calon mertua. Guna mengatasi rasa cemas tersebut, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan bicara pada diri sendiri.

Manfaat bicara sendiri saat cemas ini sudah diamini oleh sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Michigan. Studi tersebut mengatakan bahwa bicara pada diri sendiri membuat orang lebih percaya diri dan jarang merasa cemas.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Jangan salah, manfaat berbicara pada diri sendiri juga ternyata efektif meningkatkan daya ingat, lho.

Adalah Daniel Swingley dan Gary Lupyan, dua psikolog asal Amerika Serikat (AS) yang mengklaim manfaat bicara pada diri sendiri tersebut. Dikatakan bahwa bicara sendiri mampu merangsang daya ingat otak, sehingga otak dapat lebih mudah dalam mengingat sesuatu, misalnya ketika sedang mencari barang yang hilang.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Linda Sapadin, psikolog asal negeri Paman Sam lainnya juga mengungkapkan, jika manfaat bicara pada diri sendiri mencakup peningkatan konsentrasi dan fokus seseorang. Mereka yang menulis atau membaca sembari melafalkan kata per kata diklaim lebih bisa fokus dalam memahami tulisan tersebut.

4. Mengendalikan Pikiran

Pada kondisi di mana Anda dituntut untuk serba cepat, hal ini secara otomatis akan membuat otak untuk berpikir cepat. Sayangnya, situasi ini berakibat pada terdistraksinya pikiran-pikiran di dalam otak.

Berbicara pada diri sendiri dipercaya mampu membantu Anda untuk bisa mengendalikan pikiran yang ‘seabrek’ tersebut, sehingga otak bisa fokus pada hal-hal yang menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu.

5. Membantu Menyelesaikan Masalah Pribadi

Manakala masalah datang kepada Anda, berkeluh kesah kepada orang-orang terdekat mungkin dijadikan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tidak ada yang salah dengan itu, toh mendapat masukan dari orang lain kadang memang dibutuhkan agar keputusan yang diambil nantinya tidak sia-sia.

Namun tahukah Anda, manfaat bicara pada diri sendiri juga termasuk membantu menyelesaikan masalah pribadi? Ethan Kross, profesor psikologi dari University of Michigan mengungkapkan bahwasanya bicara pada diri sendiri mampu membuat seseorang berpikir lebih objektif, utamanya terhadap diri sendiri.

Hal ini merupakan suatu hal yang positif karena dengan begitu, ia mampu untuk menemukan apa yang sebenarnya diinginkan guna menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

6. Menambah Motivasi

Rasa cemas yang tengah dialami acap kali membuat kita menjadi tidak bersemangat dan takut dalam menghadapi sesuatu. Nah, menurut Gary dan Daniel, dengan berbicara pada diri sendiri, akan menghasilkan manfaat bicara sendiri saat cemas, yaitu rasa cemas hilang dan berganti dengan motivasi yang tinggi untuk berhadapan dengan tantangan yang menanti di depan.

Jadi, bicara saja pada diri Anda sendiri, hitung-hitung untuk memotivasi diri sebelum menuju ke ‘medan perang’.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …