Selasa, 5 Juli 2022

9 Amalan Saat Haid di Bulan Ramadhan, Jika Dikerjakan Tetap Akan Mendapatkan Pahala dan Keberkahan

Pesanibu.info – Pada saat haid tiba, kaum wanita dilarang untuk melakukan aktivitas ibadah seperti biasanya. Namun, perlu diketahui bahwa selama dalam keadaan haid, wanita tetap bisa melakukan amalan-amalan lain, agar tetap bisa mendekatkan diri kepada Allah.

Wanita tetap bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan saat haid di bulan Ramadhan. Amalan saat haid di bulan Ramadhan tentunya harus sesuai sunnah dan anjuran yang sudah ditetapkan Allah SWT.

Walaupun terdapat larangan-larangan untuk wanita haid selama bulan Ramadhan, Tapi Allah SWT pastinya akan memberikan kemudahan. Berikut ini 9 amalan yang tetap akan mendapatkan pahala dan keberkahan di bulan ramadhan meskipun sedang haid, yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Berdzikir
    Amalan saat haid di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan adalah berzikir. Selama dalam keadaan haid, tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk tetap berzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT.
  2. Berdo’a
    Amalan saat haid di bulan Ramadhan selanjutnya adalah berdoa. Selama dalam keadaan haid, wanita tetap diperbolehkan berdoa. Amalan saat haid di bulan Ramadhan satu ini tentunya bisa dilakukan siapa saja dan kapan pun. Berdoa merupakan bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Wanita yang sedang dalam keadaan haid tetap bisa memohon, meminta, dan mendekatkan diri kepada Allah.
  3. Mendengarkan Lantunan Ayat Suci Alquran
    Mendengarkan lantunan ayat suci Alquran merupakan amalan saat haid di bulan Ramadan yang dapat dilakukan. Walaupun tidak bisa membaca Alquran karena kondisi sedang dalam keadaan hadats besar, wanita bisa menggantinya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran. Dengan tetap mendengar lantunan ayat suci, hati seorang wanita yang sedang dalam masa haid akan selalu dekat dengan Allah. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah. Dari Aisyah Ra ia berkata, “Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan ia membaca Alquran.”
  4. Bersedekah
    Bersedekah merupakan salah satu amalan saat haid di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid. Bersedekah merupakan amalan yang mudah namun memiliki pahala cukup besar. Memperbanyak sedekah bisa dengan berbagai cara. Mulai dari memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan.
  5. Bersholawat
    Amalan saat haid di bulan Ramadhan yang berikutnya adalah bershalawat. Shalawat merupakan bukti cinta manusia terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW.
    Shalawat merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan, dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Salawat merupakan amalan yang tidak dilarang saat haid dan bisa dilakukan kapanpun.
  6. Mendengarkan Tausiyah
    Amalan saat haid di bulan Ramadan selanjutnya yang bisa diamalkan wanita adalah mendengarkan tausiyah. Melalui televisi, radio, atau media sosial, kebanyakan orang sudah bisa mendengarkan tausiyah. Dengan mendengarkan tausiyah dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.
  7. Membaca atau Mengamalkan Asmaul Husna
    Membaca atau mengamalkan Asmaul Husna merupakan salah satu amalan saat haid di bulan Ramadan yang bisa dilakukan wanita. Membaca Asmaul Husna dapat mengingatkan kita tentang nama-nama Allah yang istimewa dan luar biasa. Dengan mengamalkan Asmaul Husna, kita juga bisa merasa dekat dengan Allah SWT.
  8. Menyampaikan Dakwah Walaupun Hanya Satu Ayat
    Selama wanita dalam keadaan haid, dia tetap bisa melakukan amalan saat haid di bulan Ramadan. Seorang wanita diperbolehkan untuk menyampaikan atau berdakwah walaupun hanya satu ayat. Selama haid di bulan Ramadhan, seorang wanita bisa mengajar atau membagi ilmu kepada orang lain untuk mendapatkan keberkahan. Saling berbagi ilmu kebaikan tentunya dapat memberikan manfaat untuk orang lain
  9. Bersilaturrahim
    Amalan saat haid di bulan Ramadhan yang terakhir adalah bersilaturrahim. Bersilaturrahim merupakan amalan mudah yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid dan tidak hukum larangannya dalam Islam. Bersilaturahim dengan saudara, teman, dan kerabat bisa menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat. Bersilaturahim bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat, bertemu teman, atau melakukan kegiatan sosial.

Itulah 9 amala yang bisa tetap para wanita kerjakan di bulan ramadhan supaya mendapatkan pahala dan keberkahan meskipun sedang dalam keadaan haid.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …