Selasa, 5 Juli 2022

8 Penyebab Anak Kurus (Tidak Selalu Penyakitan)

Salah satu yang menjadi kekhawatiran para orang tua terhadap anaknya adalah, sang anak tidak bertumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Pada konteks ini, anak memiliki postur dan berat badan yang kurang dari kata ideal alias kurus. Apakah anak Anda termasuk salah satunya? Lantas, apa penyebab anak kurus? Bagaimana cara agar anak kurus bisa memiliki tubuh yang ideal?

Penyebab Anak Kurus, Penyakitkah?

Penyebab anak kurus ada berbagai macam. Menariknya, tubuh yang kurus tidak selalu mengindikasikan kalau anak tidak sehat. Sebelum Anda bingung dan khawatir, ketahui apa saja faktor-faktor yang menyebabkan anak kurus berikut ini.

1. Kurang Nutrisi

Penyebab anak kurus yang paling umum adalah kurang asupan nutrisi atau disebut juga malanutrisi. Saat dilahirkan, anak mungkin saja memiliki berat badan yang normal. Namun, kurangnya nutrisi yang didapat selama masa pertumbuhan pada akhirnya menyebabkan kondisi malanutrisi tersebut menimpanya.

Akibatnya, tubuh anak akan terlihat kurus dan proses pertumbuhannya pun tidak selayaknya anak pada umumnya. Selain kurus, anak juga lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli gizi perlu dilakukan guna dilakukan penanganan medis agar penyebab anak kurus yang satu ini bisa diatasi.

2. Konsumsi Makanan yang Salah

Apakah selama ini Anda lebih sering membiarkan anak untuk mengonsumsi makanan kurang gizi seperti junk food atau makanan yang mengandung kadar gula tinggi? Jika ya, maka jangan salahkan jika kemudian si kecil mengalami malanutrisi yang ditandai oleh tubuhnya yang kurus dan sulit gemuk.

Minimnya kandungan gizi pada makanan-makanan seperti itu memang menjadi penyebab anak kurus padahal banyak makan yang tak bisa disangsikan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda para orang tua tidak terus-terusan menuruti kemauan anak untuk mengkonsumsi makanan kurang gizi. Bukan berarti tidak dilarang, namun dibatasi sembari diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah.

3. Gangguan Pencernaan

Adanya gangguan pada sistem pencernaan juga menjadi faktor penyebab anak kurus lainnya yang kerap terjadi. Akibat tidak optimalnya fungsi sistem pencernaan pada anak, otomatis nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa anak banyak makan tapi kurus. Segera bawa anak Anda ke dokter untuk mengobati gangguan pencernaan yang ia alami sehingga ke depannya proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh tidak lagi terhambat.

4. Penyakit

Check Also

Ternyata Pahala Mengajak Istri Jalan-Jalan Lebih Baik Daripada I’tikaf di Masjid Selama Sebulan

“Ayah, belanja yuk, kebutuhan rumah bentar lagi habis ni” “Pah, jalan-jalan yuk, ke daerah pegunungan, …