Kamis, 11 Agustus 2022

8 Manfaat Tidur Pakai Selimut, No. 6 Penting Banget

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Terlebih jika kamar tidur Anda berpendingin udara, maka menggunakan selimut tebal saat tidur tidak hanya untuk menjaga agar tubuh tetap hangat, namun juga menjaga kesehatan kulit.

Manfaat selimut yang satu ini adalah sebagai penghalang (oklusi) daripada penguapan lapisan kulit, mengingat cara kerja pendingin udara (AC) adalah dengan mengambil kelembaban ruangan, termasuk kulit Anda. Jika tidak dilindungi oleh selimut, lama-kelamaan tingkat kelembaban kulit akan berkurang dan kulit menjadi kering.

7. Terapi Autisme

Pada penderita gangguan mental seperti autisme, selimut tebal juga lazim digunakan oleh terapis sebagai salah satu metode terapi autisme.

Para pengidap autisme kerap kali dilanda rasa cemas dan depresi yang sangat mengganggu. Nah, manfaat tidur pakai selimut khusus penderita autisme tersebut lebih ditujukan untuk memberikan efek tenang manakala perasaan-perasaan tersebut muncul. Hal ini tentu saja penting agar terapi dapat berjalan lancar.

8. Mengatur Suhu Tubuh

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya sekitar 1 (satu) sampai 1,5 jam sebelum tidur tubuh akan mengalami penurunan (defisiensi) suhu inti tubuh. Kondisi ini lantas menyebabkan sejumlah hal, salah satunya hilangnya rasa kewaspadaan diri.

Oleh sebab itu, peneliti menyarankan Anda untuk menggunakan selimut saat tidur. Manfaat tidur pakai selimut ini tak lain untuk membantu tubuh dalam mengembalikan suhu inti tubuh yang mengalami defisiensi tersebut.

Tips Memilih Selimut yang Tepat

Berbicara tentang memilih selimut yang tepat agar manfaatnya bisa benar-benar terasa, hal ini harus disesuaikan dengan si pengguna selimut tersebut, dalam hal ini apakah anak-anak atau orang dewasa.

Idealnya, selimut untuk orang dewasa memiliki bobot sekitar 5 – 10 persen dari berat badan. Sementara untuk selimut anak-anak, baiknya selimut memiliki berat sekitar 10 persen plus 0,5 kg dari berat badan si anak. Selain itu, ada juga produk selimut yang khusus diciptakan untuk kebutuhan terapi kesehatan.

Itu dia informasi seputar manfaat selimut bagi kesehatan tubuh. Jika sudah tahu manfaatnya, masih enggan untuk memakai selimut saat tidur? Sebaiknya tidak, ya. Semoga bermanfaat!

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …