Selasa, 29 November 2022

8 Manfaat Air Rebusan Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Biji ketumbar tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, tapi juga dipercaya sebagai herbal yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu cara mengonsumsinya adalah dengan merebus biji ketumbar tersebut. Nah, apa saja sebenarnya manfaat air rebusan biji ketumbar ini? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Manfaat Air Rebusan Biji Ketumbar

Ketumbar tidak hanya dapat menyedapkan masakan. Ketumbar juga merupakan salah satu herbal yang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah 7 manfaat air rebusan biji ketumbar yang menakjubkan untuk kesehatan!

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Air rebusan ketumbar dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat air rebusan biji ketumbar satu ini merupakan manfaat yang paling populer. Ketumbar memiliki kandungan serat yang baik untuk jantung. Selain itu, air rebusan ketumbar juga dapat bekerja meredakan ketegangan pembuluh darah. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya sebagai salah satu obat darah tinggi yang cukup efektif.

Air rebusan ketumbar dikonsumsi setiap hari atau pada saat gejala darah tinggi muncul. Apabila dikonsumsi rutin, maka penderita hipertensi juga harus memeriksakan tekanan darahnya secara rutin. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan air rebusan ketumbar in.

2. Menurunkan kolesterol

Selain menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dalam darah juga merupakan salah satu khasiat air ketumbar.

Kolesterol jahat dalam darah jika dibiarkan lambat laun akan membentuk plak yang akan menghambat peredaran darah. Kondisi ini dan tekanan darah tinggi adalah dua kondisi berisiko tinggi memicu penyakit kardiovaskular seperti stroke hingga gagal jantung. Hal ini yang membuat air ketumbar sering disebut-sebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menurunkan gula darah

Manfaat air ketumbar lainnya adalah dapat membantu menurunkan gula darah.

Air rebusan ketumbar dipercaya dapat meningkatkan sekresi insulin pada pankreas sehingga membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Khasiat air ketumbar satu ini membuat air ketumbar diklaim baik untuk perawatan diabetes.

Sama halnya seperti penderita tekanan darah tinggi, jika ingin mengonsumsi air ketumbar secara rutin, penderita diabetes juga harus secara rutin memeriksakan kadar gula darahnya untuk mengetahui efektivitas dari perawatan ini.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …