Selasa, 5 Juli 2022

8 Jenis Aroma Vagina yang Wajib Wanita Ketahui

Seperti halnya penis, kondisi vagina juga bisa dilihat dari cairan yang keluar dan aroma vagina. Jika vagina mengeluarkan cairan berwarna kuning kehijau-hijauan, organ kewanitaannya sedang mengalami infeksi atau mungkin terjadi keputihan abnormal. Bila wanita mengalami kondisi ini pengobatan harus segera dilakukan.

Jenis Aroma Vagina & Penyebabnya

Bila organ kewanitaan tidak mengeluarkan cairan tertentu, tapi mengeluarkan bau yang aneh-aneh, bisa jadi masalah serius sedang menyerang wanita. Nah, berikut ini kenali 8 jenis bau vagina dan kondisi kesehatannya di bawah ini:

1. Bau roti atau ragi

Coba letakkan jari di bibir vagina secara perlahan-lahan. Kalau dari sana muncul aroma mirip sekali dengan roti atau ragi yang cukup pekat, kemungkinan ada infeksi di sana. Vagina dengan kondisi ini sedang terinfeksi jamur atau ragi yang bisa menyebabkan iritasi dan merusak flora normal.

2. Busuk

Bila aroma vagina berbau busuk yang sangat menyengat, segera datangi dokter. Kondisi ini muncul karena ada infeksi yang cukup parah di dalam vagina sehingga pengobatan tidak boleh ditunda lagi.

3. Amis

Kalau bau yang keluar amis dan cukup pekat, ada infeksi bakteri di dalam vagina. Biasanya bakteri yang menginfeksi dan menimbulkan aroma ini berjenis bacterial vaginosis dan trichomoniasis. Kondisi ini mudah disembuhkan, tapi Anda tidak boleh menyepelekannya.

Trichomoniasis adalah infeksi menular seksual yang paling sering terjadu dapat disembuhkan dan dapat diobati dengan antibiotik. Dikenal karena bau amisnya yang menyengat. Infeksi trikomoniasis bisa sangat bau, yang lebih menonjol daripada vaginosis bakteri.

Dalam kasus yang jarang terjadi, bau amis adalah indikasi kondisi yang lebih serius.

4. Musk

Aroma vagina yang asli adalah musk meski tidak terlalu kuat. Aroma ini sering muncul saat wanita berolahraga atau area di vagina sering berkeringat. Aroma ini bisa menjadi tanda infeksi meski masih terbilang normal.

5. Metal

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …