Jumat, 1 Juli 2022

8 Cara Mengatasi Ketiak Basah Paling Mudah dan Ampuh!

Selain masalah bau badan, masalah ketiak basah juga kerap kali kita temui. Tentunya keduanya sama-sama tidak dapat disepelekan karena dapat mengganggu penampilan Anda. Tidak sulit sebenarnya mengatasi ketiak basah. Simak 7 cara mengatasi ketiak basah paling ampuh berikut ini!

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Ketiak basah umumnya disebabkan oleh produksi keringat berlebih. Umumnya penggunaan deodorant dilakukan untuk mencegah ketiak basah, tapi bagi sebagian orang cara ini tidak selalu membantu. Jangan khawatir dan tidak perlu panik, berikut 8 cara mengatasi ketiak basah yang bisa Anda coba!

1. Gunakan deodoran dengan kandungan antiperspirant

Cara mengatasi ketiak basah yang pertama adalah dengan cara menggunakan deodoran yang memiliki kandungan antiperspirant.

Banyak orang yang mengira deodoran dan antiperspirant sama, padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Deodoran hanya bekerja untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan bau keringat, tapi tidak dapat mencegah produksi keringat itu sendiri.

Hal ini yang membuat deodoran hanya mampu mencegah bau badan, tapi tidak mencegah ketiak basah. Sedangkan antiperspirant bekerja mencegah produksi keringat berlebih. Maka dari itu, penggunaan produk deodoran dengan kandungan antiperspirant akan lebih baik untuk mencegah ketiak basah dan bau.

2. Gunakan antiperspirant dan berpakaian ketika tubuh kering

Sebelum memulai aktivitas, Anda tentunya biasa mandi di pagi hari.

Setelah mandi, Anda akan menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian. Cara penggunaan antiperspirant dan berpakaian yang salah dapat menyebabkan produksi keringat berlebih di ketiak.

Salah satu cara menghilangkan ketiak basah adalah dengan memastikan tubuh Anda benar-benar kering sebelum menggunakan antiperspirant dan kemudian berpakaian. Menggunakan antiperspirant pada ketiak yang lembap atau kotor akan membuatnya tidak bekerja dengan baik.

3. Pilih pakaian yang tepat

Selain waktu berpakaian, jenis pakaian yang Anda kenakan juga tentu berpengaruh pada produksi keringat di ketiak.

Pakaian yang terlalu ketat, terutama di bagian ketiak, dapat memicu produksi keringat berlebih. Cara agar ketiak tidak basah adalah dengan menggunakan pakaian yang lebih longgar dan dengan bahan lembut agar kulit dapat bernapas bebas dan tidak memproduksi keringat berlebih.

Perlu diketahui juga bahwa pakaian yang terlalu ketiak di bagian ketiak berpotensi untuk menyebabkan iritasi yang kemudian memicu ketiak hitam. Maka dari itu, sebisa mungkin pilih pakaian yang nyaman untuk ketiak Anda.

4. Hindari makanan yang memicu produksi keringat

Ternyata makanan juga dapat menjadi salah satu faktor pencetus ketiak basah dan berbau.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasi ketiak basah adalah dengan menghindari makanan-makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebih tersebut. Jenis makanan yang dapat menyebabkan produksi keringat berlebih adalah seperti makanan tinggi lemak, makanan tinggi natrium, dan makanan rendah serat.

Lebih spesifik lagi, beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar ketiak tidak basah adalah seperti makanan olahan, minuman beralkohol, bawang putih dan bawang bombai, kafein, es krim, makanan panas, dan makanan pedas.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …