Selasa, 5 Juli 2022

8 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing, Salah Satunya Kacang Hijau

Menghilangkan bau prengus dan menyengat pada daging kambing bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur. Daging kambing memang identik memiliki aroma khusus yang sangat kuat.

Bau ini biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terutama untuk kambing jantan. Oleh karena itu, ada teknik khusus dalam mengolah daging kambing supaya memiliki tekstur empuk dan tidak bau prengus.

Untuk membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing, ada beberapa bahan dapur yang bisa digunakan. yaitu:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah lama dikenal bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya lumuri daging dengan jeruk nipis hingga rata. Diamkan selama satu jam sebelum dimasak. Penggunaan jeruk nipis dinilai ampuh menghilangkan bau prengus.

Selain itu, jika daging tidak terlalu kotor usahakan untuk tidak mencucinya. Sebaiknya daging segera di rebus dan buang air rebusan pertamanya yang berisi kotoran. Sebab, mencuci daging kambing sebelum dimasak justru membuat daging ini menjadi alot dan prengus.

2. Garam

Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya lumuri daging dengan garam hingga rata. Tunggu selama 1 jam sampai garam tersebut meresap dan mengurangi bau pada kambing.

Sambil menunggu, Anda juga bisa menyingkirkan lemak yang ada pada daging. Sebab, kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya.

3. Daun Pepaya

Sama seperti jeruk nipis dan garam, daun pepaya juga bisa menghilangkan bau daging. Caranya mudah, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging saat merebusnya. Sebelum itu, pastikan daun pepaya dibersihkan terlebih dahulu.

4. Jahe

Bahan dapur satu ini memang dikenal memiliki aroma kuat yang menyegarkan. Jahe juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing.  Caranya, dengan menambahkan jahe sebagai bumbu saat memasak daging kambing.  

Check Also

Ternyata Pahala Mengajak Istri Jalan-Jalan Lebih Baik Daripada I’tikaf di Masjid Selama Sebulan

“Ayah, belanja yuk, kebutuhan rumah bentar lagi habis ni” “Pah, jalan-jalan yuk, ke daerah pegunungan, …