Selasa, 29 November 2022

7 Hal yang Menyebabkan Wajah Berminyak dan Berjerawat

Dengan cara mengatasi wajah berminyak yang dibahas pada artikel ini, anda akan mendapat wajah cantik dan cerah yang akan menambah rasa percaya diri anda. Jangan biarkan wajah anda berminyak berlebih, sebab hal ini sangat erat kaitannya dengan masalah jerawat. Oleh karena itu simak ulasan berikut baik – baik:

Mencuci wajah dua kali dalam satu hari sebenarnya cukup guna menghilangkan kotoran dan minyak yang berlebih. Akan tetapi, anda perlu mengetahui apa saja yang termasuk penyebab minyak pada wajah pada ulasan berikut.

  1. Gen

Faktor pertama mengapa wajah seseorang berminyak ialah keturunan. Apabila wajah orang tua serta anggota keluarga yang lain kebanyakan memiliki wajah berminyak, faktor genetik mungkin penyebab di sini.

2. Obat dan produk yang salah

Apabila anda sedang sakit dan mengonsumsi obat. Hendaknya perhatikan pula efek samping yang diberikan. Kadang wajah dapat mengeluarkan minyak berlebih karena konsumsi obat yang kurang tepat. Apabila anda tipe orang yang gemar memakai produk kecantikan kulit, hendaknya juga perhatikan produk tersebut sebab belum tentu kulit anda dapat menyesuaikan bahan kimia yang terkandung. Sangat disarankan anda berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan hormon

Hormon yang berubah pada seseorang tentunya wajar, apalagi pada wanita yang menstruasi, hamil, dan menopause. Perubahan hormon tersebut mendorong minyak berlebih.

4. Alat kecantikan

Selain produk, penggunaan alat kecantikan yang kurang tepat dapat mengganggu kesehatan kulit anda. Contohnya, peggunaan sikat dan bedak yang mengurangi kelembapan kulit.

5. Tanning

Apakah anda mengetahui tanning? Proses pewarnaan kulit atau yang lebih kerap disebut tanning memiliki dampak kurang baik bagi kulit. Walaupun kulit terlihat kering pada awal tanning, namun sering kali akhirnya tubuh mengeluarkan minyak lebih.

6. Stress

Jika anda stress, maka hormon kortisol akan diproduksi. Fungsi hormon ini ialah menjadikan anda lebih waspada, sehingga otak akan lebih cepat mengatasi masalah yang dapat menyebabkan stress. Akan tetapi, apabila hormon ini terlalu diproduksi, maka kortisol menjadi bencana bagi kesehatan kulit, yakni produksi minyak dari kelenjar semakin bertambah.

7. Siklus menstruasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa perubahan hormon dapat menjadikan kulit lebih mudah berminyak. Siklus menstruasi termasuk ke dalam faktor yang satu ini.

Itulah 7 hal yang menyebabkan wajah berminyak dan berjerawat.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …