Selasa, 29 November 2022

7 Buah Lezat yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kebiasaan menerapkan gaya hidup yang kurang sehat seperti sering mengonsumsi makanan tinggi lemak bisa membuat masalah kolesterol tinggi datang. Masalahnya adalah, menurunkan kadar kolesterol darah tidaklah semudah meningkatkannya. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa kita konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Lezat dan Mudah Didapat

Mengingat kolesterol tinggi bisa menyebabkan dampak kesehatan yang lebih serius seperti aterosklerosis, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke, kita memang harus menjaga gaya hidup tetap sehat demi mengendalikan kadar kolesterol tubuh.

Berikut adalah beberapa buah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah

  1. Alpukat

Alpukat ternyata termasuk dalam buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang tinggi layaknya vitamin K, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, serta lemak tak jenuh tunggal yang bisa menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Keberadaan lemak sehat di dalam buah ini juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

  1. Tomat

Tomat yang bisa dijadikan campuran sayuran atau dijadikan jus ini ternyata tinggi kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, kandungan potasium tomat juga sangat tinggi sehingga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Rutin mengonsumsinya bisa membantu jantung, kulit, dan mata menjadi lebih sehat.

  1. Apel

Salah satu buah yang paling tinggi manfaat kesehatannya bagi tubuh ini ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah kolestetol tinggi. Hal ini disebabkan oeh adanya kandungan serat pektin dan antioksidan berjenis polifenol yang mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat sekaligus mencegah oksidasi yang bisa memicu peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Hal ini tentu akan berperan besar dalam menurunkan risiko terkena aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri, serangan jantung, dan stroke.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …