Jumat, 1 Juli 2022

6 Fakta Bius Epidural, Menyisakan Trauma Seumur Hidup Bagi Wanita yang Melahirkan Caesar

Anastesi epidural (suntikan obat bius lewat tulang belakang), yang biasanya digunakan untuk operasi Caesar. Prosesnya tidak sampai 10 menit, tapi menyisakan trauma seumur hidup.

Bagi yang sering nyinyir dengan mengatakan “ibu yg tidak melahirkan normal belum menjadi wanita sempurna”, Monggo kapan-kapan cobain SC ya biar tau rasanya.

Ternyata yang membuat ibu melahirkan ceasar sering sakit pinggang dan nyyit nyyit sakit di punggung itu efek ini lho.

Pembiusan yang biasa dilakukan pada tahap awal operasi. Selanjutnya ketika obat bius sudah masuk, perlahan-lahan tubuh bagian bawah mati rasa dan tim bedah mulai membuat sayatan demi sayatan hingga rahim terbuka dan bayi bisa dikeluarkan.

Anastesi epidural (suntikan obat bius lewat tulang belakang), berikut fakta-faktanya;

  1. Bius lokal yang biasa digunakan untuk membuat bagian tertentu pada tubuh seseorang jadi mati rasa

Dilansir dari hellosehat.com, epidural adalah salah satu bentuk bius lokal yang biasa digunakan untuk membuat bagian tertentu pada tubuh seseorang jadi mati rasa.

Nah, epidural nggak akan membuat kamu hilang kesadaran sepenuhnya, karena fungsinya hanya untuk menawar rasa sakit (analgesia). Saat epidural disuntikan ke area saraf tulang belakang, impuls-impuls saraf sensoris tulang belakang akan diblokir.

2. Epidural nggak bisa sembarangan diberikan

Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti dan tentunya epidural sulit didapatkan kalau kamu memilih persalinan di klinik bersalin biasa (yang tidak punya dokter anestesi) atau melahirkan di rumah.

Untuk operasi caesar, epidural akan diberikan sebelum operasi dimulai.

3. Epidural punya 2 pilihan, bervariasi tergantung ‘kekuatannya’ untuk menahan rasa sakit

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …