Selasa, 29 November 2022

6 Amalan Utama Awal Bulan Dzulhijjah Lengkap dengan Dalil dan Penjelasan

6 amalan utama di Bulan Dzulhijjah penting diketahui dan diamalkan kaum Muslimin. Bulan Dzulhijjah disebut juga sebagai bulan al-asyhur al-hurum atau bulan-bulan mulia. Selain Dzulhijjah, bulan Dzulqa’dah, Muharram, dan Rajab juga masuk dalam bulan-bulan mulia.

Nah, pada waktu-waktu tersebut Allah Ta’ala janjikan pahala yang berlipat atas setiap amal saleh. Begitu sebaliknya, Allah SWT memberikan ancaman berlipat pula atas setiap dosa yang diperbuat manusia

Adapun 6 amalan utama awal Bulan Dzulhijjah yakni:

  1. Puasa

Disunahkan untuk memperbanyak puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendorong kita untuk beramal sholeh ketika itu dan puasa adalah sebaik-baiknya amalan sholeh.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, …” (HR. Abu Daud no. 2437. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan, di antara sahabat yang mempraktekkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu ‘Umar. Ulama lain seperti Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. Inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama. [Latho-if Al Ma’arif, hal. 459.]

Check Also

Ternyata Pahala Mengajak Istri Jalan-Jalan Lebih Baik Daripada I’tikaf di Masjid Selama Sebulan

“Ayah, belanja yuk, kebutuhan rumah bentar lagi habis ni” “Pah, jalan-jalan yuk, ke daerah pegunungan, …