Kamis, 11 Agustus 2022

5 Penyakit yang Bisa Menyebabkan Buang Air Besar Berdarah

  1. Kanker kolorektal

Salah satu penyakit kanker yang paling ditakuti oleh banyak orang karena memiliki risiko kematian yang tinggi ini ternyata juga bisa menyebabkan gejala buang air besar berdarah. Hal ini disebabkan oleh letak kanker yang berada di antara anus dan rektum atau bagian paling ujung dari usus besar.

Kanker kolorektal diduga terkait dengan adanya tumor pada bagian usus besar, penyakit usus, masalah obesitas, diabetes, hingga gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol. Selain buang air besar berdarah, gejala lain dari penyakit ini adalah nyeri perut, kram perut, kentut berlebihan, sembelit, dan penurunan berat badan secara drastis.

  1. Fisura ani

Fisura ani terjadi akibat adanya bagian usus yang mengalami luka atau robek. Penyebabnya bisa jadi adalah kotoran yang terlalu besar, sudah keras, dan lain-lain. Beberapa penyakit yang terkait dengan gejala ini adalah kanker anus, leukemia, penyakit crohn, dan lain-lain.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …