Selasa, 5 Juli 2022

4 Tips Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19

ASI merupakan nutrisi utama untuk mendukung tumbuh kembang serta meningkatkan daya tahan tubuh anak guna melindunginya dari berbagai penyakit. Itulah sebabnya menyusui si kecil tidak boleh dilewatkan meski sang ibu positif COVID-19.

Hingga saat ini, tidak ditemukan bukti bahwa virus Corona dapat ditularkan dari ibu ke bayi melalui ASI. Jadi, moms yang menunjukkan gejala COVID-19 atau sudah dinyatakan positif tetap boleh memberikan ASI untuk bayinya.

Virus Corona memang tidak hidup di dalam ASI. Namun, moms tetap harus melindungi si kecil dari risiko penularan melalui percikan air liur dan kontaminasi dari tangan yang merupakan cara penularan utama COVID-19. Berikut tips nya:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Sebelum menyusui atau menyentuh peralatan menyusui, moms wajib mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna membunuh virus Corona yang mungkin menempel di tangan.

Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Selain itu, Busui juga perlu membersihkan puting payudara dan berganti pakaian dengan yang baju bersih saat akan menyusui si kecil.

2. Selalu gunakan masker saat menyusui

Ketika menyusui, moms harus selalu menggunakan masker, meskipun tidak mengalami gejala apa pun. Hal ini untuk mencegah percikan air liur mengenai si keil saat moms berbicara, batuk, atau bersin. Ada banyak jenis masker yang bisa dipakai, mulai dari masker bedah, masker kain, hingga masker N95.

3. Bersihkan permukaan benda dan peralatan menyusui

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …