Minggu, 27 November 2022

25 Manfaat Vaseline untuk Kulit dan Kecantikan

Vaseline adalah salah satu produk andalan untuk kaum wanita. Manfaat Vaseline yang melembapkan sel-sel kulit telah terbukti dan bekerja untuk semua jenis kulit. Tidak hanya itu, Vaseline juga mudah dikombinasikan dengan produk lain untuk membantu memaksimalkan kelembapan kulit. Selengkapnya simak apa itu petroleum jelly hingga kegunaan Vaseline lainnya di bawah ini.

Apa Itu Petroleum Jelly?

Petroleum jelly adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk substansi seperti jeli semipadat. Produk yang juga disebut petrolatum ini tidak banyak berubah sejak Robert Augustus Chesebrough menemukannya pada tahun 1859. Chesebrough memerhatikan bahwa pekerja minyak akan menggunakan jeli lengket untuk menyembuhkan luka dan luka bakar mereka. Chesebrough akhirnya mengemas jeli ini sebagai Vaseline.

Manfaat Petroleum jelly berasal dari bahan dasar minyaknya, yang membantu menyegel kulit dengan penghalang pelindung air. Ini membantu kulit menyembuhkan dan mempertahankan kelembapan.

Manfaat Vaselin yang Serbaguna bagi Tubuh

Biasanya Anda tahu bila Vaseline yang terbuat dari petroleum jelly ini digunakan untuk melembapkan kulit, namun ternyata manfaatnya banyak lho, Teman Sehat! Selengkapnya berikut manfaat Vaseline yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Vaseline, berikut ini:

1. Melembapkan kulit

Sebuah studi menunjukkan bahwa kegunaan Vaseline petroleum jelly efektif dalam menjaga kelembapan kulit. Agar kulit tetap lembap, gunakanlah Vaseline petroleum jelly di area kulit tubuh yang terasa kering.

2. Mengatasi bibir kering

Manfaat Vaseline untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah, oleskanlah petroleum jelly pada bibir Anda, terutama pada malam hari sebelum tidur.

3. Mengatasi kaki pecah-pecah

Kaki pecah-pecah kerap terjadi pada kulit kaki yang kering. Sebagai solusinya, oleskanlah petroleum jelly pada area kaki yang bermasalah setelah mandi dan sebelum tidur, kenakan kaus kaki, dan biarkan semalaman. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

4. Pembersih make-up

Kegunaan Vaseline petroleum jelly juga aman untuk membersihkan make up pada bagian mata secara efektif, terutama untuk make up yang tahan air. Oleskan petroleum jelly pada cotton bud atau kapas kosmetik dan bersihkan make up secara perlahan dengan mengusap tanpa tekanan.

5. Merapikan alis

Kegunaan Vaseline petroleum jelly bisa membuat alis Anda terlihat lebih rapi. Caranya, aplikasikan petroleum jelly secukupnya pada sisir alis, kemudian sisir alis ke arah luar.

6. Membuat eye shadow tahan lama

Sebelum mengaplikasikan eye shadow, oleskanlah secara tipis petroleum jelly pada kelopak mata sebagai primer, agar awet digunakan sepanjang hari.

7. Mengatasi rambut bercabang

Oleskan petroleum jelly pada telapak tangan dan gosok secara perlahan pada ujung rambut untuk mengurangi masalah rambut bercabang yang kerap timbul pada rambut yang kering.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …