Selasa, 29 November 2022

15 Makanan yang Harus Dipantang Oleh Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat terasa nyeri di bagian persendian yang sangat menyiksa dan mengganggu bagi penderitanya. Serangan asam urat dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi baik pada hitungan bulan maupun hari. Maka disarankan  menjalani pantangan asam urat, dengan menghindari makanan yang menyebabkan asam urat muncul. Pria yang berbadan gemuk atau obesitas adalah kelompok orang yang berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Makanan pantangan asam urat biasanya makanan yang mengandung tinggi purin, seperti terkandung dalam daging sapi, hati, kalkun dan beberapa ikan. Namun, ada beberapa sayuran yang tinggi purin dan akan memicu peningkatan jumlah asam urat dalam tubuh.

Asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda dan gejala klasik asam urat. Istilah medis untuk terlalu banyak asam urat di aliran darah adalah hyperuricemia.

Makanan Pantangan Asam Urat

Pada umumnya sayuran memiliki peranan yang sangat berguna untuk kesehatan, tetapi untuk kasus asam urat, ada beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari.

Inilah jenis makanan pantangan asam urat:

1. Bayam

Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah bayam, merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi. Menurut tabel makanan AcuMedico, bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

2. Asparagus

Asparagus tinggi folat dan kalium dan dapat dimakan baik panas atau dingin, setelah dimasak. Asparagus juga merupakan salah satu sayur yang menjadi pantangan makanan asam urat, karena kandungan purinnya tinggi. Menurut AcuMedico, kandungan purin 23 gram per 100 gram asparagus.

3. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran silangan yang tidak sering ditemukan di dalam makanan lain, tetapi seringkali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dengan jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah pantangan makanan asam urat. Menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

4. Jamur

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …