Selasa, 5 Juli 2022

13 Kemungkinan Penyebabnya Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Banyak orang mengeluhkan telapak kaki sakit ketika sedang berjalan sebagai tanda dari munculnya asam urat. Meski gangguan ini sering dianggap masalah ringan, sakit pada telapak kaki adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap sepele.

Penyebab Telapak Kaki Sakit

Guna mengetahui sakit telapak kaki, Anda harus mengetahui bagian mana dari telapak kaki sakit. Memberitahu dokter kapan dan bagaimana rasa sakit pada telapak kaki dapat memudahkannya untuk melakukan diagnosis dan pengobatan yang sesuai.

Perlu Anda ketahui bahwa telapak kaki sakit juga bisa disebabkan oleh gangguan berbagai jaringan di kaki, ligamen, tulang saraf, kulit dan otot. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyebab telapak kaki sakit:

1. Rematik

Penyebab telapak kaki sakit yang pertama adalah rematik. Rematik atau dalam dunia medis dikenal dengan rheumatoid arthritis adalah peradangan kronis yang dapat memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan sendi, nyeri dan kekakuan. Bagian sendi yang paling sering terkena adalah kaki, lutut dan tangan. Ketika rematik yang menyerang kaki, lutut atau pinggul, hal itu akan membuat Anda kesulitan berdiri, berjalan dan membungkuk. Mereka yang berusia di atas 40 tahun lebih berisiko mengalami rematik.

2. Metatarsalgia

Sakit pada telapak kaki berikutnya bisa disebabkan oleh metatarsalgia. Metatarsalgia adalah rasa nyeri atau terbakar pada bagian depan kaki. Gangguan ini akan bertambah parah apabila penderitanya mengalami obesitas, sering jalan-jalan, serta melakukan olahraga berat.

Metatarsalgia harus lebih diwaspadai oleh para lansia karena hal ini lebih rentan terjadi pada usia tersebut. Obat sakit telapak kaki jenis ini dapat ditangani dengan obat antiradang nonstreoid (NSAID), kompres es dan memperbanyak waktu istirahat.

3. Morton’s neuroma

Penyebab telapak kaki sakit yang sering dialami oleh para wanita adalah morton’s neuroma. Kondisi ini bisa menyerang area di antara jari tengah dan jari manis kaki serta tumit kaki.

Morton’s neuroma sendiri sering dikaitkan dengan kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi yang terlalu sempit atau tinggi, di mana kondisi ini menyebabkan jaringan di salah satu saraf yang menuju kaki. Sakit pada telapak kaki ini bisa menyebabkan perih pada tumit dan jari kaki terasa panas atau mati rasa.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …