Minggu, 27 November 2022

12 Penyebab Stroke Usia di Muda yang Wajib Anda Tahu

Sebagian besar orang berpandangan bahwa stroke hanya bisa terjadi pada orang yang sudah lanjut usia saja. Faktanya, stroke bisa terjadi pada siapa saja berapapun usianya. Tua atau muda bisa terkena stroke dan menyebabkan beberapa organ tubuhnya tidak bisa berjalan dengan lancar atau sampai mengalami kelumpuhan. Lantas, apa penyebab stroke ringan di usia muda?

Mengenali Penyebab Stroke Usia Muda

Sebelum membahas mengenai penyebab stroke ringan di usia muda, perlu Anda ketahui bahwa stroke sendiri bisa terjadi karena pasokan darah ke otak terganggu (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Stroke isemik biasanya menjadi penyebab stroke ringan di usia muda, karena adanya pembekuan di pembuluh darah atau di dalam jantung. Beberapa penyebab stroke usia muda itu antara lain: penggunaan pil KB, merokok, kehamilan dan migrain.

Berikut ini adalah penyebab stroke ringan di usia muda lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Penyebab stroke ringan di usia muda yang pertama adalah hipertensi. Hipertensi pada usia muda tidak terlihat dengan jelas dan tidak memberikan banyak efek pada tubuh. Akibatnya, seseorang tidak akan tahu kalau tubuhnya mengalami hipertensi dan berakibat buruk pada pembuluh darah. Jika tekanan atau pompaan dari jantung terlalu kuat, stroke bisa terjadi dan pembuluh darah bisa pecah.

Guna mengetahui apakah Anda sedang mengalami hipertensi atau tidak, disarankan untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Dengan pemeriksaan itu akan diketahui tekanan darah normal dan tekanan darah saat sakit.

2. Kelainan irama jantung

Apabila jantung mengalami gangguan seperti adanya kelainan struktur, katup atau dinding jantung tidak bisa berjalan dengan lancar, hal itu bisa berdampak pada pembekuan darah dan bisa menyumbat pembuluh darah di otak. Proses kontraksi dan relaksasi yang tidak berjalan lancar ini menyebabkan seseorang sering merasa berdebar-debar.

3. Aterosklerosis

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …