Jumat, 1 Juli 2022

10 Tips dan Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Apa sih manfaat jika memiliki rambut hitam dan tebal? Nah, sebenarnya dengan cara menghitamkan rambut secara alami yang dibahas kali ini, setiap orang akan mendapatkan rasa percaya diri yang lebih. Oleh karena itu banyak sumber yang membahas tentang cara menghitamkan rambut.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk menghitamkan rambut secara alami tanpa bahan kimia:

  1. Biji pepaya

Salah satu perawatan rambut yang tergolong mudah adalah dengan campuran biji pepaya dengan minyak kelapa. Caranya, sangrai biji pepaya kemudian tumbuk sampia halus. Lalu campurkan dan aduk merata dengan minyak kelapa. Ramuan ini digunakan pada kulit kepala anda dua kali seminggu agar hasil optimal.

2. Kemiri

Biji kemiri dapat digunakan sebagai penghitam sekaligus pelebat rambut, inilah manfaat biji kemiri. Tumbuk halus biji kemiri, lalu sangrai hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut diusapkan pada kulit kepala dan rambut anda. Setelah didiamkan 30 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan rutin dua kali seminggu.

3. Jeruk purut

Biasanya jeruk yang memiliki keriput pada bagian kulitnya ini digunakan sebagai bahan tambahan memasak. Akan tetapi jeruk purut juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya: cuci bersih satu buah jeruk purut dan parut sampai halus. Campurkan dengan satu sendok makan air bersih, kemudian saring airnya. Air tersebut digunakan untuk membilas rambut setelah keramas. Tunggu 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Daun pandan wangi

Untuk urusan dapur, daun pandan wangi sering digunakan sebagai pengharum masakan yang anda masak. Tapi ternyata, tahukah anda bahwa daun pandan wangi juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut anda? Degan memotong 7 helai daun pandan kemudian rebus dengan 1 liter air. Setelah airnya berubah warna, biarkan 1 malam. Esokya campurkan dengan air perasan mengkudu, campuran tersebut yang digunakan untuk mencuci rambut setiap 3 kali seminggu.

5. Merang Padi

Bakarlah segenggam merang padi dalam sebuah panci hingga menjadi abu. Tambahkan air secukupnya dan campur dengan perasan air 1 buah jeruk nipis. Aduk hingga merata lalu diamkan semalam. Gunakan air yang berada pada permukaan panci tersebut untuk keramas tiga kali seminggu.

6. Minyak kemiri

Aneh bukan? Ternyata dengan menggunakan minyak kemiri, anda akan mendapatkan rambut hitam alami. 20 biji kemiri yang telah ditumbuh dan dipanaskan pada wajan, kemudian diaduk hingga keluar minyaknya. Minyak tersebutlah yang dioleskan pada kulit kepala.

7. Seledri

Cara penggunaan seledri cukup mudah, usapkan tumbukan daun seledri ke kepala anda secara merata setelah keramas. Lalu pijitlah kepala anda dengan lembut. Jika dirasa telah merata, bungkuslah rambut dengan topi plastik kurang lebih satu jam. Bilas hingga bersih dan lakukan hal ini seminggu dua kali agar hasilnya maksimal.

8. Lidah Buaya

Mungkin sudah tidak asing lagi berbagai manfaat lidah buaya. Salah satu manfaat yang sering digunakan oleh wanita maupun pria ialah khasiatnya dalam menghitamkan dan melebatkan rambut. Daging lidah buaya yang telah dihaluskan kemudian dioleskan secara merata. Diamkan 15 menit lalu keramas hingga bersih.

9. Madu

Selain digunakan sebagai penghilang bekas jerawat, ternyata madu juga termasuk ke dalam salah satu cara menghitamkan rambut secara alami. Oleskan madu pada rambut dan diamkan selama 15 – 20 menit, kemudian keramas. Lakukan hal tersebut minimal seminggu sekali.

10. Bunga sepatu

Kelopak bunga sepatu yang telah direndam pada air, diremas sampai keluar lendirnya. Lendir inilah yang disapukan ke rambut dan didiamkan selama semalam. Anda dapat membilas sisa olesan ini keesokan harinya. Bunga sepatu juga dipercaya dapat menyejukkan kulit kepala.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …