Minggu, 27 November 2022

11 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah (No. 8 Tak Disangka)

Bibir pecah-pecah cenderung memburuk saat udara dingin, tetapi bisa menjadi masalah setiap saat sepanjang tahun. Tentu kondisi bibir yang bermasalah membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik, bukan? Selengkapnya kita akan membahas apa yang menjadi penyebab bibir kering, seperti dari udara yang terlalu kering hingga kondisi medis.

Penyebab Bibir Kering

Kenapa bibir kering? Ada sejumlah faktor eksternal yang dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Mengontrol faktor-faktor ini juga dapat membantu merawat dan mencegah bibir pecah-pecah atau menghentikannya memburuk, di antaranya:

1. Paparan matahari

Kulit bibir pada dasarnya tipis dan halus, sehingga udara dingin yang kering dan paparan sinar matahari dapat dengan mudah menjadi penyebab bibir kering.

Cara yang mudah melembapkannya dengan melapisi bibir dengan lip balm untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, dan tambahkan syal atau masker wajah jika akan berada di luar lebih lama di musim dingin. Sementara di dalam rumah, gunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan.

2. Cuaca

Tingkat kelembapan udara cenderung menurun saat suhu dingin. Udara kering menyebabkan kulit tidak lembap, itulah sebabnya kenapa bibir kering dan pecah-pecah selama musim dingin.

Menghindari suhu dingin dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan kulit kering.

2. Menjilat bibir

Menjilat bibir memang akan tampak basah dan lembap, namun hanya bertahan sementara karena air liur menguap dengan cepat.

Menjilat bibir ternyata menjadi salah satu penyebab bibir kering juga, lho. Bahan kimia yang sama dalam air liur, akan menggerogoti kulit bibir jika menjilati bibir secara berlebihan. Belum ada obat untuk kondisi ini, Anda hanya perlu berhenti dari kebiasaan menjilat bibir! Lalu oleskan lip balm setiap kali merasakan keinginan untuk menjilat.

3. Dehidrasi

Banyak orang yang tidak minum cukup air karena berbagai kodisi. Anda mungkin juga tidak makan cukup sayuran dan buah segar, yang tinggi cairan dan serat. Untuk mengatasinya, minumlah banyak cairan (mineral), namun tidak meminum alkohol dan minuman keras, karena dapat memperpaarah dehidrasi.

4. Bernapas dengan mulut

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …