Selasa, 5 Juli 2022

11 Ciri-Ciri Hamil Anggur yang Harus Anda Kenali

Tidak semua kehamilan mendatangkan kebahagiaan bagi pasangan. Terdapat jenis kehamilan yang justru bisa membuat pasangan tidak bahagia yaitu kehamilan anggur. Berikut ini adalah ciri ciri hamil anggur yang wajib Anda ketahui.

Penyebab dan Jenis Hamil Anggur

Sebelum menjelaskan mengenai ciri ciri hamil, hal penting yang harus Anda kenali adalah penyebab hamil anggur. Hamil anggur sendiri disebabkan karena ketidakseimbangan kromosom selama kehamilan.

Kondisi ini bisa terjadi apabila sel telur yang dibuahi tidak memiliki infromasi genetika atau 1 sel telur normal dibuahi oleh dua sperma secara bersamaan. Penyebab inilah yang akan mengelompokkan hamil anggur dalam 2 kategori, yaitu:

1. Hamil anggur lengkap

Sel telur yang tidak mengandung informasi genetika dan dibuahi oleh sperma dan tidak berkembang menjadi fetus, melainkan sekumpulan jaringan abnormal yang disebut mola, yang lama-kelamaan dapat memenuhi rahim.

2. Hamil anggur parsial

Apabila 1 sel telur normal dibuahi oleh 2 sperma maka hal ini disebut hamil anggur parsial. Jaringan fetus yang berhasil berkembang akan mengalami kecacatan atau kelainan yang serius, sementara jaringan plasenta akan berkembang abnormal menjadi mola.

Gejala dan Ciri Ciri Hamil Anggur

Sebelum menjelaskan mengenai ciri hamil anggur, perlu Anda ketahui bahwa gejala hamil anggur pada awalnya memunculkan gejala yang sama seperti kehamilan normal pada umumnya. Namun setelah beberapa waktu, ciri ciri hamil anggur yang bisa muncul di antaranya:

1. Rasa nyeri pada tulang panggul

Dibanding pria, seorang wanita lebih sering menderita nyeri pada bagian panggul. Ciri ciri hamil anggur yang pertama ini dapat terlihat dari rasa nyeri di panggul. Itulah sebabnya, rasa nyeri panggul sering kali dikaitkan dengan organ reproduksi pada wanita.

2. Kista berbentuk anggur keluar dari vagina

Ciri ciri hamil anggur berikutnya adalah munculnya kista. Tanda-tanda kista ovarium yang perlu diperhatikan adalah rasa nyeri pada tulang panggul, siklus menstruasi tidak teratur, nyeri saat berhubungan seksual, sulit buang air besar dan kecil serta sulit untuk hamil.

3. Menyebabkan mual dan muntah yang parah

Mual dan muntah adalah gangguan yang sering terjadi pada kehamilan normal, namun ciri ciri hamil anggur terlihat dari keluhan mual dan muntah yang sangat parah dengan frekuensi yang lebih sering. Dampak lanjutannya kondisi ini bisa berlanjut menjadi hiperemesis gravidarum.

4. Perdarahan pada vagina di trimester pertama

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …