Jumat, 1 Juli 2022

11 Cara Agar Bahagia yang Bisa Anda Coba, Ternyata Bahagia Itu Sederhana!

Siapa sih yang tidak ingin hidup bahagia? Setiap orang memiliki definisi bahagia yang berbeda-beda. Meskipun bentuk kebahagiaannya berbeda-beda, tapi tentunya tidak ada seorangpun manusia yang tidak menginginkan kebahagiaan. Bagaimana cara bahagia? Ternyata bahagia bisa kita dapatkan dari berbagai kebiasaan sederhana, lho!

Cara Bahagia

Konsep bahagia setiap orang memang berbeda-beda. Sebagian orang mungkin melihat kebahagiaan sebagai hal yang rumit dan sulit untuk dicapai, padahal kebahagian juga dapat didapatkan dengan cara yang sederhana.

Berikut adalah 15 cara hidup bahagia yang dapat Anda terapkan sehari-hari!

1. Tersenyum

Senyum ternyata bukan hanya sekedar ekspresi kebahagiaan, tapi juga bisa menjadi salah satu cara bahagia.

Tersenyum dapat memicu pelepasan dopamin, senyawa di otak yang dapat membuat kita lebih bahagia. Anda dapat memulai pagi yang positif dengan cara tersenyum di depan cermin. Anda juga bisa mencoba tersenyum ketika sedang merasa murung dan rasakan sendiri perbedaannya.

2. Bersyukur

Cara bahagia yang kedua adalah dengan banyak bersyukur.

Hal ini mungkin terdengar klise, tapi sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa berlatih bersyukur dapat memiliki dampak signifikan pada harapan dan kebahagiaan. Bukan hanya pencapaian besar dalam hidup saja yang perlu disyukuri, tapi hal-hal kecil juga dapat disyukuri dan membuat Anda lebih bahagia.

3. Menarik napas dalam dan panjang

Mengambil napas panjang adalah salah satu insting tubuh untuk menenangkan diri.

Dilansir dari Healthline, menurut Harvard Health, latihan pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres, artinya hal ini memang bagus untuk dilakukan dan dapat menjadi cara bahagia.

Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri:

  • Tutup mata dan coba bayangkan hal-hal yang indah.
  • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung.
  • Hembuskan napas melalui hidung atau mulut.

Anda dapat menghitung hingga 5 ketika menghirup dan menghembuskan napas untuk pernapasan yang lebih stabil.

4. Mengakui hal tidak menyenangkan

Cara bahagia selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengakui hal yang tidak menyenangkan yang menimpa Anda.

Ketika mendapatkan kabar buruk atau membuat kesalahan, tidak masalah jika Anda merasa tidak bahagia. Anda dapat membiarkan perasaan tersebut sejenak. Setelah itu, Anda dapat memikirkan cara apa yang dapat dilakukan untuk memulihkan diri Anda.

5. Memberikan pujian

Bukan hanya mendapatkan pujian saja yang dapat membuat seseorang bahagia, Anda juga dapat memberikan pujian sebagai salah satu cara bahagia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tindakan kebaikan dapat membuat seseorang mendapatkan kepuasan. Memberikan pujian yang tulus adalah cara yang paling tepat untuk membuat seseorang bahagia sambil menciptakan kebahagiaan Anda sendiri.

Pujian yang diberikan tentunya bukan pujian berlebihan atau justru dapat menyinggung, tetapi pujian yang tulus yang dapat membuat seseorang merasa lebih berharga.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …