Jumat, 1 Juli 2022

10 Jenis Sayuran Akar yang Sangat Baik untuk Kesehatan

Jenis sayuran yang kita konsumsi setiap hari ada banyak jenisnya. Kita mengenal sayuran daun seperti sawi atau bayam. selanjutnya ada juga sayuran dalam bentuk akar atau umbi yang kita pakai untuk berbagai jenis makanan baik itu makanan asin atau manis. Nah, dari berbagai jenis sayuran akar atau umbi yang sering kita gunakan, kira-kira mana saja yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh?

Sayuran akar yang baik untuk kesehatan

Sayuran dalam bentuk akar atau umbi jenisnya ada banyak dan tanpa kita sadari sering dipakai untuk makanan sehari-hari. Nah, dari berbagai jenis sayuran akar yang ada di luaran sana, mana saja yang kira-kira memiliki manfaat cukup besar untuk tubuh?

  1. Ubi jalar

Ubi jalar sering sekali digunakan sebagai pengganti karbohidrat yang memiliki rasa nikmat. Beberapa jenis ubi memiliki rasa manis dan kaya akan serat. Warna dari ubi yang bermacam-macam mulai dari ungu, putih, hingga oranye membuat nutrisi yang dikandung bervariasi di setiap jenisnya.

Ubi jalar sangat mengenyangkan dan cocok untuk camilan. Dengan hanya direbus saja atau dibuat stick, Anda bisa mengonsumsinya hampir setiap hari. Rutin mengonsumsi ubi akan membuat Anda mendapatkan serat, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang di dalamnya ada beta karoten dan anthocyanins.

  1. Bawang merah

Bawang merah adalah salah satu sayuran akar yang sangat banyak digunakan. Bahkan hampir semua makanan menggunakannya. Bawang merah merupakan bumbu yang sangat penting karena memberikan rasa nikmat dan gurih. Selain itu, bawang merah juga mudah diolah menjadi apa saja termasuk direbus, digoreng, atau dibakar.

Apa pun jenis makanan yang Anda buat dengan bawang merah atau bawang bombai yang agak besar, Anda akan mendapatkan suplai serat. Bawang merah juga termasuk prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan. Terlahir, bawang merah juga mengandung antioksidan yang membuat Anda jarang sakit.

  1. Buah bit

Buah bit memang jarang sekali dikonsumsi oleh masyarakat. Meski demikian, Anda juga bisa mencobanya untuk mendapatkan manfaatnya yang besar. Buah bot memiliki antioksidan yang besar yang bisa membuat tubuh mudah sakit. Selain itu, akar dengan warna ungu ini juga memiliki folat dan mangan.

Anda bisa menggunakan buah bit untuk smoothies atau menggunakannya sebagai campuran makanan seperti mi atau kue. Daripada menggunakan pewarna buatan lebih baik menggunakan buah ini.

  1. Jahe

Jahe juga sering sekali digunakan untuk membuat makanan dan aneka minuman. Umbi ini memiliki rasa pedas yang khas dan bisa dipadukan dengan apa pun. Anda bisa membuatnya menjadi minuman seperti wedang jahe atau menjadi makanan sebagai pengganti rasa pedas.

Di balik rasa pedasnya yang sangat khas, jahe juga memiliki manfaat khususnya dalam hal anti inflamasi. Antioksidan juga cukup tinggi dan membuat Anda yang rutin mengonsumsinya jadi tidak mudah sakit.

  1. Bawang putih

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …