Jumat, 1 Juli 2022

10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Medis dan Herbal

6. Madu

Tak hanya cuka apel, bahan alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah madu. Makanan manis ini memang memiliki sejumlah manfaat, tak terkecuali untuk mengobati luka bekas gigitan nyamuk berupa bentol kemerahan yang terasa gatal.

Manfaat madu yang satu ini tak lepas dari kandungan zat anti-inflamasi, sehingga efektif untuk meredakan pembengkakan pada kulit bekas gigitan nyamuk yang tak lain merupakan bentuk peradangan.

Oleskan madu pada area bekas gigitan nyamuk pada kulit Anda. Diamkan selama 5 – 10 menit, kemudian bersihkan. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai gatal dan bentol hilang.

7. Krim Buah

Pada kelanjutannya, bekas gigitan nyamuk dapat berupa warna menjadi kehitaman, yang mana hal ini mengganggu penampilan kulit. Perubahan warna tersebut terjadi apabila bentol bekas gigitan nyamuk tidak segera diobati.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada kok cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah lama, salah satunya dengan memanfaatkan buah-buahan. Buah seperti pepaya, jeruk nipis, dan tomat dianggap efektif untuk mengatasi masalah noda kehitaman pada kulit akibat gigitan nyamuk.

Caranya mudah, yakni Anda tinggal mencampur buah-buahan tersebut, lalu dilumat sampai menjadi pasta atau krim masker. Kemudian, oleskan krim buah pada area kulit yang menghitam. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari sampai noda kehitaman bekas gigitan nyamuk menghilang.

8. Krim Pemutih Kulit

Mengoleskan krim pemutih kulit yang mengandung sejumlah zat seperti retinol dan  vitamin E juga jadi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah lama. Krim ini  diklaim mampu menghilangkan bentol kemerahan maupun yang sudah berubah warna menjadi kehitaman secara efektif.

Konsultasikan kepada dokter terkait sebelum Anda menggunakan krim pemutih kulit untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

9. Kortikosteroid

Pada kasus di mana bekas gigitan nyamuk tak kunjung hilang setelah diolesi krim alami, maka cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang mungkin dilakukan adalah dengan mengoleskan krim kortikosteroid guna mengatasi peradangan yang terjadi.

Konsultasikan pada dokter spesialis kulit sebelum Anda menerapkan langkah pengobatan bekas gigitan nyamuk yang satu ini.

10. Antihistamin

Mengingat bentol bekas gigitan nyamuk adalah reaksi alergi, maka memberikan obat salep antihistamin adalah cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang patut Anda coba guna menyembuhkan rasa gatal.

Obat salep antihistamin dapat Anda temui di apotek-apotek terdekat. Gunakan sesuai dosis yang tertera di kemasan obat. Atau, tanyakan pada dokter Anda sebelum menggunakan obat tersebut agar tidak salah dosis.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk adalah sumber masalah bagi kesehatan tubuh. Tak hanya menyebabkan bentol dan rasa gatal pada kulit akibat gigitannya, serangga ini juga membawa virus-virus berbahaya yang bisa mengakibatkan Anda terserang sejumlah penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

Oleh sebab itu, sebaiknya sebisa mungkin hindari diri Anda dari gigitan nyamuk. Beberapa cara mencegah gigitan nyamuk yang bisa dilakukan adalah:

  • Menggunakan pakaian yang menutupi area kulit seperti tangan dan kaki
  • Menjaga kebersihan lingkungan, termasuk wadah berisi air di mana nyamuk mudah berkembang biak
  • Menjaga daya tahan tubuh

Itu dia cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …