Selasa, 5 Juli 2022

10 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Medis dan Herbal

Semua orang pasti pernah tergigit nyamuk. Ya, serangga yang satu ini memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Gigitan nyamuk, selain meninggalkan rasa gatal, juga menyebabkan munculnya bentol berwarna kemerahan pada area kulit yang tergigit. Hal yang cukup mengganggu, bukan? Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk?

Penyebab Bentol Bekas Gigitan Nyamuk

Darah adalah makanan bagi nyamuk. Nutrisi yang ada di dalam darah sangat dibutuhkan oleh serangga satu ini untuk bertahan hidup. Saat moncong nyamuk menusuk kulit, nyamuk lantas mengeluarkan air liur untuk membuat darah tidak cepat menggumpal. Hal ini agar nyamuk dapat mengisap darah dengan mudah. Nah, air liur tersebut mengandung protein dan enzim yang lantas dianggap berbahaya oleh tubuh.

Tubuh lantas memberikan respon terhadap air liur nyamuk tersebut dengan memproduksi histamin dalam jumlah tinggi, sehingga terjadilah reaksi alergi yang ditandai oleh pembengkakan dan peradangan (inflamasi) kulit. Inilah yang menjadi penyebab bentol bekas gigitan nyamuk

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Munculnya bentol berwarna kemerahan pada kulit bekas gigitan nyamuk adalah suatu reaksi normal tubuh, dan bukan merupakan hal yang harus dikhawatirkan. Namun, bekas gigitan nyamuk yang terasa gatal membuat kita tak kuasa untuk tidak menggaruknya. Akibatnya, bentol malah semakin parah dan mengurangi estetika kulit.

Sebelum bentol bertambah parah akibat garukan, lakukan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk berikut ini.

1. Bersihkan dengan Sabun

Manakala Anda tergigit nyamuk, cara menghilangkan gigitan nyamuk pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan medium sabun dan air (sebaiknya air hangat).

Pertama-tama, basuh area kulit di mana terdapat bentol kemerahan dengan air hangat. Kemudian, oleskan sabun (kalau bisa sabun antiseptik) pada bentol. Diamkan sebentar, kemudian bilas lagi dengan air hangat sampai bersih. Cara ini efektif untuk meredakan rasa gatal sekaligus menghilangkan bentol secara perlahan.

2. Kompres dengan Es Batu

Selain dengan sabun dan air hangat, cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang efektif lainnya yakni dengan mengkompres bentol tersebut menggunakan es batu.

Sediakan beberapa buah es batu, lalu masukan ke dalam kantong plastik kecil. Setelah itu, balut plastik berisi es batu tersebut dengan handuk atau kain kecil. Tempelkan ke area kulit yang terdapat bentol bekas gigitan nyamuk selam 5 – 10 menit. Sama seperti cara pertama, cara kedua ini diklaim efekteif meredakan gatal dan mengempiskan bentol secara perlahan.

3. Soda Kue

Soda kue (baking soda) yang biasa Anda gunakan untuk membuat ini memiliki manfaat untuk pengobatan kulit, termasuk mengobati bekas gigitan nyamuk.

Campurkan baking soda dalam takaran secukupnya dengan air hangat, lalu aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pasta ke area kulit yang terkena gigitan nyamuk. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air sampai bersih.

4. Alkohol

Anda juga bisa menggunakan alkohol sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang sudah lama.

Caranya, teteskan beberapa tetes cairan alkohol ke sehelai kapas. Setelaj itu, tempelkan atau oleskan kapas ke area kulit yang mengalami bentol bekas gigitan nyamuk. Sebaiknya lakukan cara ini sesegera mungkin setelah muncul bentol agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

5. Cuka Apel

Sejumlah bahan alami juga dipercaya efektif untuk meredakan gatal dan bentol kemerahan bekas gigitan nyamuk.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda cukup meneteskan beberapa tetes cuka apel pada kain kapas, kemudian tempelkan pada area kulit yang mengalami gatal dan bentol. Diamkan selama beberapa saat sampai rasa gatal mereda.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …