Jumat, 1 Juli 2022

10 Cara Menahan Ngantuk Selain Minum Kopi (Lebih Sehat Efektif)

Rasa kantuk adalah hal yang wajar sebagai reaksi ilmiah tubuh dan ‘sinyal’ bahwa tubuh Anda perlu untuk diistirahatkan sementara waktu setelah melakukan pelbagai aktivitas. Namun, apa jadinya jika ngantuk justru muncul di sela-sela Anda sedang berkegiatan? Tentu saja ini bukanlah hal yang menyenangkan karena berakibat pada terganggunya produktivitas. Lantas, bagaimana cara menahan ngantuk?

Minum Kopi: Cara Menahan Ngantuk paling Populer

But first, coffee”.

Kira-kira begitulah bunyi frasa awam yang kerap dijadikan pedoman bagi banyak kalangan (mungkin termasuk Anda salah satunya) ketika hendak memulai rutinitas sehari-hari. Ya, sudah sejak lama kopi dianggap sebagai cara menahan ngantuk yang acap kali muncul di sela-sela aktivitas.

Efektivitas kopi sebagai ‘obat penahan kantuk’ ini memang tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut tak lepas dari kandungan kafein di dalam jenis minuman yang satu ini, yang mana menurut dosen Ilmu Kedokteran dari Harvard Medical School, Anthony L. Komaroff, M.D, mampu memicu tubuh untuk lebih aktif dan energik, pun menahan rasa kantuk yang menyerang.

Cara Menahan Ngantuk Selain Minum Kopi

Kendati mengonsumsi kopi adalah cara menahan kantuk yang efektif, faktanya minuman ini tidak lepas dari efek samping yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Efek samping kopi yang hampir pasti dialami seperti emosi dan detak jantung yang mengalami peningkatan, munculnya perasaan cemas atau gelisah, dan gangguan tidur (insomnia).

Oleh sebab itu, kiranya jangan hanya bergantung pada kopi sebagai cara menahan kantuk. Lagipula, ada kok sejumlah cara menahan ngantuk lainnya selain kopi. Apa saja? Simak informasinya berikut ini.

1. Minum Air Putih

Siapa sangka, air putih adalah minuman penahan kantuk selain kopi yang juga tak kalah efektif dalam mengusir rasa ngantuk. Pasalnya, salah satu penyebab ngantuk adalah kurangnya cairan di dalam tubuh (dehidrasi).

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah, pun pasokan oksigen menuju otak menjadi terhambat. Hal ini lantas mengakibatkan tubuh lebih mengalami kelelahan yang ditandai dengan rasa ngantuk. Maka dari itu, minum air putih dalam jumlah adalah cara menahan ngantuk yang ampuh mengusir kantuk yang tak tertahankan.

2. Sarapan

Anda sudah siap-siap beraktivitas di pagi hari, namun rasa ngantuk belum juga hilang? Ritual sarapan pagi yang terlewatkan mungkin saja menjadi penyebabnya. Faktanya, sarapan memiliki peran penting dalam membuat tubuh senantiasa bugar dan bebas dari rasa ngantuk sepanjang hari.

Hal ini karena sejatinya, sarapan berfungsi untuk memasok energi bagi tubuh untuk dapat melakukan berbagai aktivitas selama seharian. Tubuh yang baru saja ‘dinyalakan’ setelah tidur semalaman membutuhkan bahan bakar baru sebelum kembali menjalankan tugas-tugasnya.

Jadi, sebelum berangkat ke kantor, sekolah, atau hendak melakukan rutinitas lainnya, jangan lupa sarapan dulu, ya.

3. Cuci Muka

Pada kasus di mana ngantuk muncul di siang atau sore hari ketika Anda sedang sibuk-sibuknya, cara menahan kantuk lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci muka. Berdasarkan studi yang dirilis oleh Journal of Personality and Social Psychology, air memiliki manfaat untuk meningkatkan mood, pun menghilangkan rasa ngantuk.

Check Also

4 Fakta Gita Savitri, Sepakat dengan Suami untuk Childfree Alias Tidak Punya Anak

YouTuber Gita Savitri kini tengah disorot setelah mengaku melakukan childfree alias enggan memiliki anak. Berikut deretan fakta Gita …